PROFIL SMA UNGGULAN BPPT AL FATTAH LAMONGAN
Progam Pengembangan
IPTEK Pesantren
TERAKREDITASI A
A. IDENTITAS
Nama sekolah : SMA UNGGULAN BPPT AL-FATTAH
Berdiri Sejak : 19 JULI 1999
Kepala Sekolah : H. M. Wahib, S.Ag, S.Si, M.MPd
Status Sekolah : Swasta
Status Akreditasi : TERAKREDITASI “ A “
Jenis Sekolah : Regular dan diasramakan
NSS : 302050711105
Kurikulum : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Rentang Kelas : Kelas X, XI IPA, XII IPA masing-masing 3
kelas
Jumlah Siswa : Kelas X 76, kelas XI IPA 60, kelas XII IPA 76
Ijin operasional terakhir tgl : 27 JULI 2011
(khusus
sekolah Swasta)
Alamat Sekolah : Yayasan Pondok Pesantren AL-FATTAH SIMAN
Kecamatan : SEKARAN
Kabupaten : LAMONGAN
Telp/Fax : (0322)3883111 / 3383113
E-mail : smaubpptlamongan@yahoo.com
facebook/twetter : @smaubppt
SMS Center : 0857 3260 7333
B.
SEJARAH
Kebutuhan akan sumber daya manusia
yang berwawasan IPTEK dan IMTAQ mutlak
dibutuhkan untuk meneruskan cita cita perjuangan bangsa, oleh karenanya ketua
Yayasan Pondok Psantren Drs. KH. Agus Abdul Madjid Fattah menandatangani MOU
dengan wakil Kepala Badan Pengkajian dan Penelitian (BPPT) Prof. Dr. Jose
Roesman, PhD selaku ketua pengarah P3 IPTEK Pesantren pada tanggal 17 November
1998 yang disaksikan oleh Menristek Prof. Dr. Zuhal, M.Sc di Jakarta, pada saat
itu lembaga yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 87 pesantren se Indonesia
guna mengikuti program yang akan dilaksanakan oleh BPPT. Pondok Pesantren Al
Fattah Lamongan memilih salah satu jalur yaitu bidang pendidikan dan
pengembangan IPTEK pesantren, maka berdirilah SMA Unggulan BPPT Al Fattah yang
merupakan SMA Unggulan pertama dan satu satunya di Kabupaten Lamongan.
Pada tahun pelajaran
1999/2000 sekolah SMA UNGGULAN BPPT AL FATTAH hanya memiliki 22 siswa
dan Alhamdulillah semua lulusan angkatan pertama berhasil diterima
diuniversitas negeri favorit dan berhasil memenangi kejuaraan KARYA ILMIAH
REMAJA (KIR) nasional. Atas prestasi yang dicapai itulah sekolah mendapatkan
hati dan kepercayaan masyarakat luas dan pada akhirnya siswa yang belajar di
SMA UNGGULAN BPPT AL FATTAH tidak hanya dari daerah sekitar tetapi dari luar
pulau jawa.
C.
VISI DAN MISI
VISI
Terwujudnya sekolah bernuansa
pesantren terbuka, berbudaya ilmiah, mandiri, berprestasi dan mampu
berkompetisi.
MISI
1. Mewujudkan perangkat pembelajaran
pada semua mata pelajaran
2. Mewujudkan penyiapan generasi muda
yang melek IPTEK bernafaskan pesantren
3. Mewujudkan perpaduan konsep pesantren
ilmiah, ilmu modern dan salaf
4. Mewujudkan generasi muda yang
berprofil santri/IMTAQ dan menguasai IPTEK
5. Mewujudkan inovasi dalam proses
pembelajaran
6. Mewujudkan pengembangan kurikulum
mulok
7. Mewujudkan pengembangan system
penilaian
8. Mewujudkan pengembangan standar
kelulusan
9. Mewujudkan pengembangan fasilitas
sekolah
10. Mewujudkan pengembangan media
pembelajaran
11. Mewujudkan pengembangan manajemen
sekolah
12. Mewujudkan pengembangan penggalangan
pembiayaan pendidikan
13. Mewujudkan pengembangan potensi dan
prestasi siswa dibidang ilmiah
14. Mewujudkan pengembangan potensi dan
prestasi siswa dibidang olahraga
15. Mewujudkan pengembangan potensi dan
prestasi siswa dibidang seni
16. Mewujudkan pengembangan potensi dan
prestasi siswa dibidang kebahasaan
17. Mewujudkan peningkatan kualitas
pesantren
18. Mewujudkan peningkatan daya saing
lulusan ke perguruan tinggi favorit
D.
SDM
Komite, Kepala sekolah, tenaga
pengajar dan staf tata usaha SMA UNGGULAN BPPT AL FATTAH merupakan manusia yang
memiliki niat mulia untuk memajukan sekolah serta berstatus lulusan sarjana S1
da S2 yang kompeten dibidangnya, berwawasan luas serta berakhlaq mulia. Ini dikarenakan
seleksi tenaga pengajar dilakukan melalui beberapa tahapan tes dan masa
percobaan. Pembinaan dan pendelegasian untuk peningkatan SDM senan tiasa
dilakukan guna peningkatan kuwalitas yang tentunya dimaksudkan untuk menbentuk
siswa menjadi generasi yang UNGGUL IPTEK
serta berwawasan pesantren yang mampu bersaing dengan sekolah negeri favorit
ditingkat nasional maupun internasional.
E.
KURIKULUM
SMA UNGGULAN BPPT AL FATTAH
menggunakan kurikulum tahun 2007 (KTSP) PLUS, artinya struktur progam kurikulum yang diperkaya dengan IPTEK dan
IMTAQ dengan susunan program pengajaran untuk mata pelajaran MATEMATIKA,
FISIKA, KIMIA, BIOLOGI masing masing ditambah DUA jam pelajaran dan untuk
Bahasa Inggris ditambah DELAPAN jam pelajaran serta adanya bahasa ke Tiga yaitu
Bahasa Jepang dan Mandarin.
F.
FASILITAS
Fasilitas yang ada di SMA UNGGULAN
BPPT AL FATTAH diantaranya; ruang kelas yang dilengkapi dengan LCD Proyektor
dan Electric Fan, lab. Computer, lab. IPA, lab. Bahasa, bengkel seni dan ruang
studio kedap swara yang masing masing dilengkapi dengan peralatan yang modern.
Ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan referensi pendidikan dan motifasi
belajar siswa. Internet area/free hot spot yang dapat digunakan oleh semua
sifitas SMA UNGGULAN BPPT terutama para guru dalam pengembangan materi dan
metode serta media pembelajaran. Bagi siswa digunakan untuk mencari referensi
mata pelajaran dalam mengerjakan tugas dan pembuatan Karya Ilmiah Remaja (KIR).
Selain fasilitas yang ada disekolah, SMA UNGGULAN juga
mewajibkan siswa tinggal di Asrama/pondok yang didalamnya adalahEnglish Area
serta pengajaran ilmu agama/ngaji diniyah dan Al Qur’an
Alhamdulillah mulai tahun 2012 ini
sekolah sudah punya satu mobil dinas yang semoga bisa membantu mempermudah
akses transportasi siswa dalam mengikuti kegiatan olimpiade dan lomba Karya
Ilmiah Remaja (KIR).
G.
PRODUK UNGGULAN
1. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
dan Global
Dalam panduan penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) oleh Badan Standar Naional Pendidikan dijelaskan
setiap sekolah dapat memasukkan pendidikan berbasis keunggulan local dan
global.
Pendidikan berbasis keunggulan lokal
yang dikembangkan di SMAUnggulan BPPT AL Fattah adalah pendidikan Karya Ilmiah
Remaja (KIR) yang dalam muatan dan struktur kurikulum masuk dalam muatan lokal.
Sedangkan pendidikan berbasis global yang dikembangkan adalah bahasa asing
yaitu bahasa Jepang, Mandarin dan Inggris.
2. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Karya Ilmiah Remaja di SMA Unggulan
BPPT dikembangkan melalui dua jalur, yaitu jalur kurikuler dan ekstrakurikuler.
Karya ilmiah remaja masuk dalam muatan lokal dengan beban belajar 1 sampai 2
jam pelajaran dalam setiap minggunya. MUatan lokal Karya Ilmiah Remaja
diberikan mulai siswa kelas X sampai kelas XII. Materi materi yang diberikan
disesuaikan dengan jenjang perkembangan pengetahuan siswa tentang karya ilmiah.
Buku pegangan siswa disusun oleh guru pembimbing, hal ini sangat berpengaruh
positif karena materi yang disajikan dalam buku itu disesuaikan dengan konteks
lingkungan sekolah, tingkat kemampuan siswa dan tingkat kebutuhan siswa.
Dalam ekstrakurikuler, Karya Ilmiah
Remaja masuk dalam pengembangan diri tidak terstruktur pilihan. Karena peserta
didik yang berminat dan berbakat untuk membuat karya tulis ilmiah remaja cukup
banyak (+_ 80%) maka sekolah mengambil kebijakan untuk meningkatkan palayanan
konsultasi dan bimbingan. Berdasarkan kondisi tersebut sejak tahun 2003 sekolah
membentuk Unit Pelaksana Tugas untuk menangani kegiatan KIR.
3. Pengembangan Bahasa Asing
Untuk mengembangkan kompetensi siswa
dibidang bahasa asing, SMA Unggulan BPPT mengembangkan dengan dua jalur, yaitu
pembinaan dengan jalur regular dengan adanya Listening class, Vocabulary class,
Speaking class, Understanding Text class dan TOEFL class, serta bahasa Jepang
dalam waktu efektif proses pembelajaran di kelas.
Pembinaan yang kedua lewat jalur
ekstrakurikuler dan adanya English Area di Asrama.
4. Pendidikan di Asrama/Pondok
Semua peserta didik SMA Unggulan BPPT
diwajibkan untuk tinggal di Asrama selama hari efektif pembelajaran. Ketentuan
ini bertujuan antara lain:
a. Memudahkan peserta didik untuk bisa
mengikuti semua kegiatan pengembangn diri tidak terstruktur wajib dan pilihan
yang pelaksanaanya diluar jam pembelajaran
b. Menumbuhkan rasa kemandirian peserta
didik dalam kehidupan sehari hari yang relative jauh dari orang tua, sehingga
peserta didik lebih siap melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang jauh
dari daerah asalnya.
c. Menumbuhkan rasa kebersamaan sebagai
peserta didik yang hidup bersama dengan kondisi yang relative sama
d. Semudahkan sekolah untuk
mengkoordinasi jika ada kegiatan spontanitas atau yang sifatnya segera dan
mendadak.
H.
JADWAL KEGIATAN HARIAN
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Tempat
|
1
|
04.00-04.15
|
Sholat tahajud, sholat subuh
|
Pondok asrama
|
2
|
04.15-05.45
|
Wiridan, Ngaji Al Qur’an
|
Pondok asrama
|
3
|
05.45-06.10
|
Sarapan pagi, persiapan ke sekolah
|
Pondok asrama
|
4
|
06.10-06.30
|
Apel pagi dan wirid rotib
|
Sekolah
|
5
|
06.30-09.10
|
KBM di kelas
|
Sekolah
|
6
|
09.10-09.40
|
Istirahat sekolah I
|
Sekolah
|
7
|
09.40-11.40
|
KBM di kelas
|
Sekolah
|
8
|
11.40-12.20
|
Istirahat sekolah II, sholat jama’ah dzuhur
|
Pondok asrama
|
9
|
12.20-13.40
|
KBM di kelas
|
Sekolah
|
10
|
13.40-14.00
|
Apel pulang,kembali ke pondok asrama
|
Sekolah
|
11
|
14.00-15.00
|
Makan siang, istirahat
|
Pondok asrama
|
12
|
15.00-17.30
|
Sholat asyar jama’ah, persiapan Ekstra dan Bimbel
|
Pondok asrama
|
13
|
18.00-18.30
|
Sholat Magrib berjama’ah dan Wirid
|
Pondok asrama
|
14
|
18.30-20.00
|
Belajar Kelompok
|
Pondok asrama
|
15
|
20.00-21.00
|
Makan malam, Sholat Isya’ berjama’ah dan Diniyah
|
Pondok asrama
|
16
|
21.00-22.00
|
Belajar mandiri
|
Pondok asrama
|
17
|
22.00-04.00
|
Tidur malam
|
Pondok asrama
|
0 komentar:
Post a Comment